selamat datang

Selamat Datang di blog SDK Bonoharjo

hujan

hujan bunga

Kamis, 12 Mei 2016

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Pengabdian kepada Masyarakat Penerapan Budaya Pemisahan serta Pengolahan Sampah Organik dan Anorganik (Paha Panda) di SD Kanisius Bonoharjo

Suryatmoko Agung 
USD Yogyakarta 2016


Tim PKM-M Paha Panda memulai kegiatan pertama di SD Kanisius Bonoharjo pada hari Sabtu tanggal 9 April 2016. Tim menyampaikan materi mengenai kebersihan lingkungan, pemisahan dan pengolahan sampah, serta berdiskusi bersama siswa-siswi. Kemudian siswa-siswi menuliskan hasil diskusi tersebut dalam lembar kerja. Tim juga menampilkan video yang mendukung materi. Setelah itu, agar siswa-siswi tidak bosan maka tim mengajak bermain games. Setelah games, dilakukan praktik kebersihan lingkungan dengan mangajak siswa-siswi mengumpulkan sampah dan memisahkannya berdasarkan tempat sampah yang sesuai. Tak ketinggalan, tim mengenalkan jargon PKM-M Paha Panda, yaitu “dikumpul, dipilah, di daur ulang. Lingkungan bersih, hidup sehat!”
            Pertemuan kedua dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 16 April 2016. Diawali dari makan dan doa pembuka bersama dengan siswa-siswi, agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar. Kali ini tim mengajak siswa-siswi melakukan pengolahan sampah organik, yaitu membuat kompos. Tim mengarahkan siswa-siswi dan mengajari cara membuat kompos. Tidak hanya itu, siswa-siswi juga diberi tanggung jawab untuk secara rutin mengolah kompos dari sampah organik yang ada. Setelah selesai, tim PKM-M menjelaskan mengenai pengolahan sampah anorganik khususnya botol plastik dapat diolah menjadi pot untuk menanam tanaman. Kemudian, pembuatan pot dimulai dengan membuat bentuk pot sesuai dengan contoh yang sudah disediakan, lalu melakukan pengecatan dasar.
           
Pertemuan ketiga dilaksanakan pada 30 April 2016. Pertemuan diawali dengan makan bersama, lalu dijelaskan secara singkat mengenai pengolahan sampah anorganik lainnya. Kemudian, siswa-siswi melanjutkan menghias pot dengan cat sesuai kreativitas mereka masing-masing. Setelah selesai, siswa-siswi diminta untuk mengisi pot mereka dengan tanaman dan merawat tanaman tersebut.
            Pertemuan keempat dilaksanakan pada 7 Mei 2016. Pada pertemuan ini dilakukan sosialisasi kepada orang tua siswa-siswi kelas 3-5 SD Kanisius Bonoharjo mengenai program dari tim PKM-M Paha Panda. Dengan sosialisasi ini diharapkan orang tua dapat mengerti dan mendukung program yang telah diterapkan kepada siswa-siswi. Pada pertemuan ini, tim PKM-M mempersiapkan pameran foto dan pot hasil karya siswa-siswi. Siswa-siswi juga menampilkan pentas yang sesuai dengan tema PKM-M. Siswa kelas 3 menampilkan paduan suara dengan lagu yang liriknya menceritakan mengenai kegiatan bersama tim PKM-M selama 3 pertemuan. Siswa kelas 4 menampilkan drama yang berjudul “Pahlawan Pecinta Lingkungan”, sementara siswa kelas 5 menampilkan perkusi dengan memanfaatkan barang-barang bekas. Selain itu, di kesempatan ini juga tim memberikan penghargaan kepada pemenang lomba membuat pot dan memberikan kenang-kenangan kepada mitra kerja sama yaitu SD Kanisius Bonoharjo. Di akhir acara, diadakan sesi foto bersama dan pembagian sertifikat sebagai tanda siswa-siswi tersebut telah secara aktif mengikuti kegiatan PKM-M.

Suryatmoko Agung 
USD Yogyakarta 2016 

Video lain 
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar